KURIKULUM

 

STRUKTUR PROGRAM DAN DISTRIBUSI MATA KULIAH

  1. A. Struktur Program

Mata kuliah dalam kurikulum  Program D-III Analisa Farmasi dan Makanan dibagi menjadi lima kelompok, yaitu :

  1. Kelompok  Mata  Kuliah  Pengembangan  Kepribadian  (MPK) adalah kelompok bahan kajian untuk mengembangkan mahasiswa menjadi seorang ahli  madya  di  bidang  analisis  farmasi  dan  makanan  yang  beriman  dan bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berbudi  pekerti  luhur, berkepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab  kemasyarakatan  dan  kebangsaan,  terdiri  atas  :  Pendidikan  Agama,  Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan,  Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  2. Kelompok  Mata  Kuliah  Keilmuan  dan   Keterampilan  (MKK) adalah kelompok bahan kajian yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan di bidang analisa farmasi dan makanan, terdiri atas : Kimia Dasar, Kimia Organik, Kimia Analitik, Metodologi Penelitian, Statistik  &  Teknik  Sampling, Farmakognosi,  Kimia  Farmasi, Peraturan Perundang-undangan Hukum Kesehatan, Farmakologi dan Dasar – Dasar Instrumentasi
  3. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) adalah kelompok bahan kajian yang bertujuan menghasilkan seorang ahli madya dengan kekaryaan berdasarkan ilmu dan keterampilan di bidang analisis farmasi dan makanan, terdiri atas: Teknologi Pemisahan, Teknologi Analisis Kromatografi, Teknologi Analisis Fisika & Elektrokimia, Teknologi Analisis, Teknik Komputasi dan Pengetahuan Bahan & Pengelolaan Limbah Laboratorium.
  4. Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) adalah kelompok bahan kajian yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seorang  ahli  madya  dalam  berkarya  menurut  tingkat  keahlian  berdasarkan ilmu dan keterampilan di bidang analisis farmasi dan makanan, terdiri atas : Analisis Obat & Narkoba, Analisis Makanan dan Minuman, Fitokimia, Analisis Obat Tradisional, Analisis Kosmetik & Alat Kesehatan, Mikrobiologi dan Kesehatan & Keselamatan Kerja.
  5. Kelompok  Mata  Kuliah  Berkehidupan  Bermasyarakat  (MBB) adalah kelompok  bahan  kajian  yang  diperlukan  seorang  ahli  madya  untuk  dapat memahami  kaidah  berkehidupan  bermasyarakat  sesuai  keahlian  di  bidang analisis farmasi dan makanan dalam berkarya, terdiri atas : Sistem Pemastian Mutu & Manajemen Lab, Ilmu Kesehatan Masyarakat & Promosi Kesehatan, Praktek Kerja Lapangan (PKL), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Komunikasi serta Ilmu Perilaku dan Etika Profesi.

 

 

Kontak Kami

Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120
  •   Telp. 021.7397641, 7397643
  •   Fax. 021.7397769
  • E-mail : info@poltekkesjkt2.ac.id